STRUKTUR KURIKULUM

PROGRAM STUDI MAGISTER (S2)

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS MALAHAYATI

JENIS MATA KULIAH

MATA KULIAH WAJIB FAKULTAS

MATA KULIAH WAJIB PRODI S2 IKM

MATA KULIAH PEMINATAN

SKS

9 SKS

17 SKS

15-18 SKS

Mata ajar

Filsafat Ilmu (3SKS)

Biostatistik (3SKS)

Metode Penelitian (3SKS)

IKM I (3SKS)

IKM II (2SKS)

IKM III (2SKS)

Problem Based Learning (3SKS)

Tesis (6 SKS)

Menyesuaikan dengan peminatan yang diambil diantaranya: manajemen pelayanan kesehatan, epidemiologi, promosi kesehatan, kesehatan reproduksi, dan biostatistik.

DESKRIPSI MATA KULIAH

Wajib Fakultas

IKM611

FILSAFAT ILMU (3 SKS)

Dalam mata kuliah ini akan dikaji konsep dasar tentang filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya serta kaitannya dengan MKK dan MKBS. Berikutnya dibahas pula tentang karakteristik filsafat, ilmu dan pendidikan serta jalinan fungsional antara ilmu, filsafat dan agama. Selanjutnya dibahas mengenal sistematika, permasalahan, keragaman pendekatan dan paradigma (pola pikir) dalam pengkajian dan pengembangan ilmu dan dimensi otologis, epistomologis dan aksiologis. Selanjutnya dikaji mengenai makna, implikasi dan implementasi filsafat ilmu sebagai landasan dalam rangka pengembangan keilmuan dan kependidikan dengan menggunakan alternatif metodologi penelitian, baik pendekatan kuantitatif dan kualitatif, maupun perpaduan kedua duanya.

IKM614

BIOSTATISTIKA (3 SKS)

Membahas tentang tahapan-tahapan statistic, hipotesis, analisa data (pengujian hipotesis).

IKM612

METODE PENELITIAN (3 SKS)

Mata kuliah ini akan membahas penggunaan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, langkah langkah dalam penelitian, termasuk kiat memperoleh ide penelitian, kiat menulis proposal dan laporan hasil serta mecam-macam design dan pendekatannya, sampling, pembuatan instrument dan lain-lain. Bahasan tersebut terutama diperlukan untuk dapat menyusun sebuat proposal penelitian di bidang kesehatan.

Wajib Prodi

IKM613

IKM I (EPIDEMIOLOGI dan PROMKES) (3 SKS)

Mata kuliah surveillans epid membahas tentang : Pengantar mata kuliah (surveillans epidemiologi), konsep dasar epidemiologi, perencanaan kesehatan kabupaten, pembuatan usulan dan laporan surv epid, kualitas data, skrining tes, sumber data untuk surveillans, surveillans epid untuk aksi, manajemen system surveillans, penilaian sistem surveillans, penyelidikan KLB. Membahas tentang epidemiologi lanjut serta preventiv & promotif terhadap permasalahan penyakit dan kesehatan masyarakat.

IKM616

IKM II (KESLING dan K3) (2 SKS)

Membahas tentang kondisi sanitasi & kesehatan lingkungan, kesehatan & keselamatan kerja sector formal & informal serta permasalahan kesehatan reproduksi di Indonesia sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Dasar keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan mata kuliah wajib program studi S2 Kesehatan Masyarakat yang diberikan untuk mahasiswa semester satu. Secara garis besar ilmu ini mempelajari dasar keselamatan dan kesehatan kerja, pengenalan bahaya dan risiko, manajemen risiko, accident and incident, kesehatan kerja, sistem manajemen K3, perundangan K3, ergonomic, higiene industri, penyakit akibat kerja, surveilans K3, dan promosi kesehatan pekerja. Mata ajaran ini diharapkan memberikan manfaat untuk mahasiswa praktikkan di dunia kerja.

IKM615

IKM III (AKK dan GIZI) (2 SKS)

Matakuliah ini membahas mengenai ilmu administrasi dan kebijakan kesehatan. Ilmu AKK diperlukan bagi ahli kesehatan masyarakat untuk dapat bertanggungjawab dan menyusun bebagai kebijakan bidang kesehatan. Membahas tentang kondisi aspek manajemen perencanaan & pengembangan gizi masyarakat.

Peminatan Manajemen Pelayanan Kesehatan

IKM625

ASURANSI KESEHATAN (3 SKS)

Membahas tentang sejarah dan prinsip asuransi, manajemen risiko, pelayanan kesehatan, kebijakan pengasuransian, sistem asuransi kesehatan dan strategi asuransi kesehatan di Indonesia.

IKM626

SISTEM INFORMASI KESEHATAN (2 SKS)

Membahas tentang kondisi aspek manajemen perencanaan dan perkembangan gizi masyarakat.

IKM623

MANAJEMEN SDM (2 SKS)

Membahas tentang perencanaan dan rekruitmen sesuai beban kerja serta pengelolaan sumber daya manusia kesehatan, sistem penggajian dan pengembangan staff serta budaya kerja.

IKM621

MANAJEMEN KEUANGAN (2 SKS)

Membahas renran aspek amnajemen dalam penganggaran, sumber daya keuangan, neraca keuangan, analisa dan pelaporan keuangan kesehatan.

IKM622

MANAJEMEN MUTU (2 SKS)

Membahas tentang mutu dan standar pelayanan kesehatan dalam peningkatan produktivitas dan akreditasi terhadap pelayanan kesehatan.

IKM624

MANAJEMEN RUMAH SAKIT (2 SKS)

Membahas tentang aspek hukum pada pelayanan kesehatan rumah sakit, manajemen mutu pelayanan, marketing dan startegi bisnis rumah sakit.

IKM727

POLITIK HUKUM DAN KEBIJAKAN KESEHATAN (3 SKS)

Membahas tentang aspek politik & hukum dalam penentuan keputusan dan kebijakan kesehatan.

IKM728

MANAJEMEN STRATEGI (2 SKS)

Membahas tentang strategi dan kepemimpinan.

Peminatan Epidemiologi

IKM646

PENGENDALIAN VEKTOR (2 SKS)

Membahas tentang vektor penyakit mulai dari adaptasi vektor hingga pengendaliannya.

IKM644

PENYELIDIKAN WABAH (2 SKS)

Membahas tentang penyelidikan dan pengendalian wabah atau kejadian luar biasa.

IKM641

SURVEILLENS EPIDEMIOLOGI (3 SKS)

Membahas tentang penyelidikan dan pengamatan epidemiologi penyakit serta monitoring dan evaluasi.

IKM643

EPIDEMIOLOGI ANALITIK (2 SKS)

Membahas tentang konsep manajemen dan analisa data hasil penelitian, pengamatan dan penyelidikan.

IKM642

MANAJEMEN PENYAKIT BERBASIS WILAYAH (3 SKS)

Membahas tentang paradigma kesehatan serta peran dan fungsi mamanjemen dalam startegi pengendalian penyakit.

IKM647

EPIDEMIOLOGI BENCANA (2 SKS)

Membahas tentang penaksiran atau penilaian dampak kesehatan dari bencana buatan manusia dan dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang menyumbang pada efek tersebut. Perhatian mata kuliah ini akan diterapkan metode epidemiologi untuk mempelajari akibat dari bencana.

IKM648

MANAJERIAL EPIDEMIOLOGI (3 SKS)

Membahas tentang distribusi frekuensi dan faktor risiko pada elemen manajemen dalam analisis epidemiologi.

Peminatan Promosi Kesehatan

IKM655

STRATEGI PROMOSI KESEHATAN (3 SKS)

Mata ajar ini akan mengupas mengenai promosi kesehatan serta upaya-upaya implementasi dalam dunia kerja dan masyarakat. pengembangan strategi tentu perlu dipelajari dan dilakukan agar pencapaian kinerja dapat maksimal yang kemudian akan membawa perbaikan pada derajat kesehatan masyarakat.

IKM656

SOSIOANTROPOLOGI KESEHATAN (3 SKS)

Sosiologi dan antropologi kesehatan dalam dunia kesehatan masyarakat kaitannya dengan promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Sosiologi mempelajari proses perilaku individu dan interaksi sosial yang kemudian mempengaruhi kesehatan. Sedangkan antropologi mempelajari dampak dari interaksi yang terjadi di masyarakat. Pemahaman yang baik dari mahasiswa akan mata kuliah ini tentu memberikan manfaat yang banyak sehingga mahasiswa ditempat kerjanya nanti dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan pendekatan yang tepat.

IKM651

PROGRAM PROMOSI KESEHATAN (2 SKS)

Mata kuliah ini menguraikan tentang konsep, prinsip-prinsip promosi kesehatan pada pasien sebagai individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat di tatanan klinik dan komunitas.

IKM653

PENELITIAN KUALITATIF (2 SKS)

Mata ajaran ini membahas tentang paradigma penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data kualitatif, proposal penelitian kualitatif, teknik pengembangan panduan penelitian kualitatif, pengolahan data kualitatif dengan program kumputer EZ Text, Analisis data kualitatif, dan  laporam penelitian kualitatif.

IKM652

MEDIA KESEHATAN (2 SKS)

Ahli kesehatan masyarakat dengan peminatan promosi kesehatan diharapkan piawai menguasai berbagai metode pendidikan kesehatan ke pada masyarakat. salah satu chanel dalam pendidikan adalah media. Sehingga media menjadi penting dipelajari oleh mahasiswa.

IKM647

EPIDEMIOLOGI BENCANA (2 SKS)

Membahas tentang penaksiran atau penilaian dampak kesehatan dari bencana buatan manusia dan dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang menyumbang pada efek tersebut. Perhatian mata kuliah ini akan diterapkan metode epidemiologi untuk mempelajari akibat dari bencana.

IKM648

MANAJERIAL EPIDEMIOLOGI (3 SKS)

Membahas tentang distribusi frekuensi dan faktor risiko pada elemen manajemen dalam analisis epidemiologi.

Peminatan Kesehatan Reproduksi

IKM632

KESPRO 2 (3 SKS)

Membahas tentang konsep kesehatan reproduksi sepanjang daur kehidupan serta permasalahan-permasalahan yang terjadi dan kebijakan kesehatan reproduksi di Indonesia.

IKM633

KESPRO MEDIS SOSIAL PSIKOLOGI (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang kesehatan reproduski dari aspek sosial, psikologis, seksologi, gender, determinan fertilitas dan permasalahan-permasalahan sosial dalam kesehatan wanita yang berkembang di masyarakat.

IKM631

KESEHATAN IBU DAN ANAK (2 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang konsep kesehatan ibu dan anak, situasi kesehatan ibu dan anak, permasalahan AKI dan AKB, determinan kelangsungan hidup anak, determinan kematian ibu dan kebijakan kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

IKM634

INFEKSI MENULAR SEKSUAL DAN HIV/AIDS (2 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah, perkembang dan epidemiologi IMS dan HIV/AIDS, penyebarannya di Indonesia, dinamika penularan, pemeriksaan dan kebijakan-kebijakan program HIV/AIDS.

IKM637

ANATOMI FISIOLOGI ORGAN REPRODUKSI (2 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang anatomi organ reproduksi pria dan wanita, fertilisasi, embriologi, pregnancy, partusition, post natal, dan genetika.

IKM635

KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN REPRODUKSI (3 SKS)

Mata ajar ini membahas kebijakan dan manajemen kesehatan reproduksi. Aspek kebijakan yang dibahas yaitu proses pembuatan kebijakan, kebijakan kesehatan yg ada di Indonesia dan dampak kebijakan untuk kesehatan reproduksi. Manajemen kesehatan reproduksi membahas mengenai aspek menejemen dalam kesehatan reproduksi.

IKM737

EPIDEMIOLOGI KESEHATAN REPRODUKSI (2 SKS)

Epidemiologi sebagai ilmu mendasar dari bidang kesehatan masyarakat juga dipakai dalam studi kesehatan reproduksi. Untuk itu mata kuliah ini dirancang sebagai sarana agar menyatukan konsep kesehatan reproduksi dan epidemiologi. Sehingga mahasiswa dapat menggunakan konsep yang benar dalam dunia kerja nantinya.

Peminatan Biostatistik

IKM662

BIOSTATISTIK INFERENS (3 SKS)

Membahas tentang prinsip statistika untuk pengujian data statistika dan menguji data kuantitatif untuk kepentingan penelitian. Sebagai lanjutan dari mata kuliah statistika dasar, maka mata kuliah ini akan mengajak mahasiswa untuk mendalami berbagai teknik analisis kuantitatif yang lebih lanjut yang dapat digunakan secara prakstis dalam penelitian. Sebagai tambahan, mahasiswa akan dibekali teknik analisis data menggunakan program.

IKM661

ANALISIS KATEGORIKAL DATA (3 SKS)

Mata kuliah ini diawali dengan pengulangan mengenai berbagai jenis data dan distribusi peluang. Lebih lanjut lagi, mata kuliah ini secara mendalam akan mempelajari model loglinier.

IKM663

DESIGN ANALISIS CT (2 SKS)

Mata kuliah ini mengenalkan mahasiswa pada dasar clinical trials termasuk pada design, cara, analisis dan interpretasi hasil. Selain itu, secara mendalam mata kulian ini juga membahas hipotesis, sampel, pengambilan data, kesalahan data dan meta analisis.

IKM666

SURVIVAL ANALISIS (2 SKS)

Mata kuliah survival analisis atau analisis survival mempelajari teknik analisa untuk data follow up yang memperhitungkan waktu terjadinya efek dengan waktu pengamatan tidak seragam pada berbagai subjek.

IKM665

SURVEI SAMPLING (2 SKS)

Mata ajar ini membahas tentang  bagaimana cara mengampil sample pada penelitian survey.

IKM747

APLIKASI ANALISIS EPIDEMIOLOGI LANJUT (3 SKS)

Epidemiologi merupakan salah satu ilmu inti dalam dunia kesehatan masyarakat. setiap magister ahli kesehatan masyarakat diharapkan meguasai teori dan penerapan epidemiologi terutama analisisnya sebagai bekal mereka untuk terjun mengentaskan masalah kesehatan dan sebagai bekal penelitian laporan akhir.

IKM667

STATISTIK LABORATORIUM DAN SEMINAR BIOSTATISTIK (3 SKS)

Mata kuliah ini menekankan pada aspek teori dan praktik sehingga lulusan magister peminatan biostatistik menjadi terampil dalam penggunaan formula dan perhitungan statistik. Seminar dimaksudkan agar mahasiswa mampu tampil mempresentasikan hasil penugasannya sebagai bagian dari latihan menggunakan data di lapangan.